Kallagroup.co.id, Makassar, 04 Desember 2018 – Dua (2) tim yang mewakili Kalla Group dalam ajang Temu Karya Mutu dan Pengendalian Nasional (TKMPN) dan International Quality and Productivity Convention (IQPC) 2018 yang dilaksanakan di Harmoni One batam dari tanggal 26 – 27 November 2018 kemarin berhasil membawa pulang hasil yang membanggakan.

Tim Small Group Project (SGP) P-MAN dari PT Hadji Kalla Depo Parts memperoleh penghargaan kategori Gold dan Tim SGP Papa Bepe dari PT Hadji Kalla Cabang Parepare memperoleh penghargaan kategori Silver. Kategori penghargaan project yang diberikan di kompetisi eksternal ini adalah bronze, silver, gold, platinum, diamond.

“Tim yang dikirimkan oleh kalla group untuk mengikuti kompetisi ini adalah tim yang mendapatkan juara di kompetisi kaizen internal di level corporate kalla group (Tim SGP P-MAN dari PT Hadji Kalla Depo) dan salah satu tim yang mendapatkan juara di NKIM 2017 (Tim SGP Papa Bepe dari PT Hadji Kalla Cabang Parepare),”Ujar, Uswatun Khasanah, Quality System Department Head Kalla Group

Kedua tim tersebut telah memperoleh pendampingan dari Kalla Group sejak bulan Juli 2018, dimana Kalla Group mengundang expertise di bidang improvement untuk memberikan strategi serta tips dan trick mengikuti kompetisi eksternal. Expertise tersebut juga memberikan pengembangan dan sharing knowledge bagi para fasilitator agar dapat diterapkan untuk mendampingi program-program improvement selanjutnya.

“Setelahnya, tim internal Kalla Group mengambil alih proses pendampingan terhadap perwakilan tim yang akan mengikuti kompetisi tersebut. Monitoring dilakukan rutin terkait makalah, materi presentasi serta pengisian tools monitoring progress materi yang harus di kirimkan kepada tim fasilitator subholding OTO & Holding sebagai bentuk review rutin. Mendekati waktu pelaksanaan kompetisi, dilakukan proses karantina dan latihan intensif presentasi selama 2 (dua) minggu sebelum keberangkatan” Lanjut, Uswatun

Kedua kegiatan tersebut adalah suatu kompetisi dan demonstrasi keberhasilan perusahaan dalam mengelola mutu dan produktivitas. Ajang kompetisi ini sudah berlangsung selama 22 tahun tanpa jeda dan diselenggarakan oleh PT Wahana Kendali Mutu bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia (AMMPI). Pada tahun 2018 ini, ajang TKMPN & IQPC juga diikuti oleh negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Pada tahun ini, kompetisi ini juga diikuti oleh 1.579 peserta presentasi & peninjau serta 394 presenter yang berasal dari berbagai perusahaan di luar dan dalam negeri. Rangkaian acara TKMPN ini juga memberikan sharing knowledge dari beberapa keynote speaker terkemuka, selain itu dilakukan benchmark industry yang ada di kota Batam.